Tips meningkatkan kinerja otak dan Memperlancar aliran darah ke otak

Tips meningkatkan kinerja otak dan Memperlancar aliran darah ke otak

Sebelum saya membahas, apa saja factor-faktor yang bikin otak kita ‘tumpul’ secara ringkas, kita tinjau dulu fungsi-fungsi dari setiap bagian otak kita. Struktur otak dibagi tiga yaitu, otak kanan, kiri dan otak kecil yang berada di belakang otak besar kita. Otak kanan berfungsi dalam hal persamaan, khayalan, kreativitas, bentuk atau ruang, emosi, musik dan warna. Daya ingat otak kanan bersifat panjang (long term memory). Bila terjadi kerusakan otak kanan misalnya pada penyakit stroke atau tumor otak, maka fungsi otak yang terganggu adalah kemampuan visual dan emosi.

Otak kiri berfungsi dalam hal perbedaan, angka, urutan, tulisan, bahasa, hitungan dan logika. Daya ingat otak kiri bersifat jangka pendek (short term memory). Bila terjadi kerusakan pada otak kiri maka akan terjadi gangguan dalam hal fungsi berbicara, berbahasa dan matematika.untuk mengasah daya ingat sebenarnya mudah.

Dan terakhir, otak kecil. Otak inilah yang mengatur keseimbangan kita, sehingga jika terjadi gangguan pada otak kecil ini, kita akan sering jatuh kalo berjalan karena keseimbangan kita terganggu.

Selanjutnya hal-hal membikin otak kita menjadi tumpul (selain faktor malas tentunya hehehe):

1. merokok, merokok dapat merusak otak kecil kita, akibat nikotin serta tar.

2. minum alkhohol, alkhohol mengandung zat keras yang dapat merubah fungsi saraf kita, sebagian orang yang kebanyakan meminum minuman keras, otaknya terganggu.

3. jangan suka menjedotkan kepala ke benda keras. otak sebenarnya sangat sensitif, satu saraf putus maka saraf yang lain pun terganggu. Jadi lain kali jangan suka jedotin kepala temen ya kalo becanda. Bisa bodoh temennya nanti ckckckckckc……………………..

4. hindari asap hitam kenalpot, karena akan menyumbat oksigen ke otak, dan bisa jadi otak lemah.

5. istirahat yang cukup, tidur minimal 6 jam setiap hari dan maksimal 8 jam.

Setiap penyakit, ada obatnya. Begitu juga buat yang pengen menajamkan kembali fungsi daya otaknya, setajam… silet… semoga aja berhasil ya. Kalo engga… berarti dah tebel kali ‘karat’ di otaknya. Silahkan konsultasikan kedokter bagian syaraf agar tidak mengganggu aktifitas anda sehari-hari.

Cara Lain Yang sangat mudah di lakukan untuk meningkatkan kepekaan otak, yaitu :

1.Mengunyah Permen Karet

Yap… ternyata permen karet dapat meningkatkan konsentrasi dan kinerja otak yang lelah. Kenapa eh kenapa. Ternyata mengunyah permen karet itu banyak manfaatnya. apalagi permen karet yang mengandung zat xylitol baik untuk kesehatan gigi. Dengan mengunyah permen karet, mulut kita akan merangsang terbentuknya saliva atau air ludah, saliva yang dihasilkan, ternyata sangat berguna untuk membersihkan gigi dari bakteri-bakteri yang merusak. Tak hanya itu, mengunyah permen karet sebenarnya juga baik untuk otak. Gil Leveille, seorang ahli nutrisi dari Wrigley Science InstituteChicago, menyatakan bahwa mengunyah permen karet bisa meningkatkan kinerja otak hingga 40 persen! Kesimpulan ini diperoleh berdasarkan hasilkerja sama riset dengan peneliti-peneliti dari Jepang. Aktivitas mengunyah permen karet dapat meningkatkan sirkulasi darah di seputar kepala, sehingga jumlah oksigen yang dikirim ke otak semakin banyak. Akibatnya pikiran jadi lebih segar dan konsentrasi meningkat. Kegiatan mengunyah permen karet itu memberikan perasaan rileks, sehingga dapat membantu mengurangi stres dan kebosanan. Para ahli menyimpulkan, saat mengunyah hipotalamus di bagian otak akan melepaskan hormon-hormon spesifik yang membuat Anda selalu siaga dan waspada.

Mengunyah permen karet dapat memberikan perasaan kenyang. Tentu saja ini akan menguntungkan untuk orang yang sedang mengurangi berat badan. Selain itu juga bermanfaat untuk kecantikkan. Pergerakan rahang saat mengunyah permen karet itu menggerakkan otot wajah. Ini bermanfaat mengencangkan wajah, sehingga Anda terlihat awet muda.

2.Mengkonsumsi minyak Ikan

Didalam minyak ikan terdapat bahan kimia bernama EPA. EPA adalah bahan kimia yang merupakan makanan bagi otak. Riset menunjukan bahwa minyak ikan dapat memfasilitasi peningkatan aktivitas pada otak, memperlancar peredaran darah, meningkatkan memori dan konsentrasi.( Jadi ingat waktu kecil dulu sering diberi nyokap minyak ikan. Tapi tujuannya biar nafsu makan ningkat biar gemuk gitu loh gkgkkgkgkgk)

3.Kerjakan sebuah teka teki

Teka-teki silang, Sudoku atau yang lainnya dapat membuat otak Anda tetap pada kondisi terbaik. Sama seperti otot, jika Anda tidak berlatih secara reguler, ia akan kehilangan kemampuannya untuk bekerja secara maksimal

4.Pergi berjalan kaki

Tidak ada yang dapat mengalahkan udara segar yang dapat menyegarkan pikiran yang dapat mengurangi percakapan mental yang mengganggu logika dan pikiran konstruktif. Sebuah perjalanan di pinggiran kota, dekat sungai atau sekedar di taman akan membantu menyingkirkan awan kelabu dan membantu pikiran tetap jernih. Kalo yang tinggal diperkotaan, gunakan waktu libur anda bangun pagi-pagi, ketika udara masih bersih dari asap knalpot kendaraan. Nikmatilah udara segar dab bersih dipagi har.

5.Mempelajari bahasa baru

Mempelajari bahasa baru dapat sindrom dementia (kemunduran otak) sampai dengan empat tahun menurut artikel yang dimuat pada New Scientist. Alasan pasti untuk hal ini belum diketahui, namun dipercaya bahwa ia memiliki hubungan erat dengan peningkatan perdaran darah dan koneksi saraf yang baik.

6.Tertawa

Tawa bukan saja merupakan obat terbaik, ia juga dapat meningkatkan fungsi otak dan menstimulasi kedua sisi otak pada saat yang bersamaan. Tapi jangan tertawa terus yaaa…ntar bukannya sehat malah ditangkep sama petugas rumah sakit jiwa. Beuh Parah Tuh…

7.Menjadi kreatif

Melukislah atau pelajari alat musik yang baru, bergabunglah dengan kelas kesenian walaupun anda payah dalam hal tersebut. Menjadi kreatif memungkinkan kita untuk menemukan solusi baru untuk permasalahan yang sudah lama dan meningkatkan kesadaran pada saat yang bersamaan.

8.Belajar melempar barang

Riset dari Universitas Regensburg di Jerman memindai otak dari seorang juggler (pemain sulap yang melemparkan barang) dan menemukan bahwa kegiatan ini dapat meningkatkan struktur otak. Setelah berlatih selama tiga bulan, otak akan menunjukan peningkatan signifikan pada dua bagian, yaitu bagian mid-portal dan posterior intraprietal sulcus kiri. Jadi kalo punya hobi marah-marah, daripada menonjok tembok atau tereak-tereak ga jelas. Mari alihkan melempar barang. Amarah tersalurkan, otakpun jadi cerdas hwakakakakakak tapi jangan melempar barang mahal-mahal. Bukannya cerdas, tapi jadi bokek And dimarahin nyokap hohohohoh……. :O

9.Rajin mengkonsumsi Ginkgo biloba

Ginkgo Biloba dapat membantu kecerdasan otak anda. Itu bener loh. Ginkgo Biloba telah banyak digunakan sejak 2.800 SM dalam pengobatan tradisional China, sebagai obat kesehatan otak untuk mencegah pikun pada usia tua. Zat utama ginkgoflavono-glycoside yang dikandung ginkgo adalah suatu antioksidan kuat dengan sasaran jaringan otak untuk membantu kerja otak. Dalam melindungi kesehatan otak, ginkgo memperlancar aliran darah ke otak untuk memperbaiki fungsi saraf (neuronal) dan melindungi dari cedera oleh neurotoksin. Selain itu ginkgo dapat memperbaiki sumbatan aliran darah yang terjadi akibat penyempitan pembuluh darah.Suplementasi ginkgo adalah untuk memulihkan Alzheimer (penyakit neurologist akibat penuaan), kurang asupan darah ke otak (iskemia celebral) dan memperbaiki gangguan fungsi mental akibat stress kronis. Dari efeknya dalam memperbaiki aliran darah ke *ehem…kasih tau g yahhh..???, sorry* “penis”, ginkgo menjadi pilihan pertama sebagai obat disfungsi seksual pada pria (impotensia).

10.Mengkonsumsi Coklat

Good news bagi penggila coklat. Berdasarkan penelitian coklat ternyata mengandung zat yang bisa meningkatkan fungsi otak dan menghambat penuaan. Zat tersebut adalah flavonol yang dapat memperlancar peredaran darah ke otak dan cukup efektif untuk menyembuhkan kerusakan pembuluh darah. Selain itu falvonol juga berfungsi untuk meningkatkan fungsi afektif otak selama menghadapi masalah mental pada gadis-gadis remaja. Walaupun manfaat coklat cukup banyak tapi ingat loh jangan makan terlalu banyak, dan tidak lebih dari 100 kalori.

One thought on “Tips meningkatkan kinerja otak dan Memperlancar aliran darah ke otak

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s