serangan malware

Merdeka.com – Akamai mengeluarkan data seputar keamanan internet di dunia pada kuartal kedua tahun ini. Hasilnya, ternyata angka serangan malware terus menerus meningkat.

Seperti yang dilansir oleh ZDNet (16/10), dalam data yang dibuat Akamai, diketahui bahwa serangan ini banyak terjadi pada protokol HTTP atau sambungan internet melalui port 80. Tercatat, dari jumlah serangan yang terjadi semester pertama tahun ini protokol ini diserang setidaknya sebanyak 24 persen.

Sementara, malware saat ini ternyata juga mulai berani menyerang sistem keamanan internet seperti SSL. Angka serangan SSL tercatat meningkat drastis hingga mengalahkan Microsoft-DS yang sebelumnya paling banyak diserang.

hacker

Untuk jenis serangan sendiri hacker masih berkutat pada serangan DDoS atau distributed denial-of-service yang efektif mampu meruntuhkan server hingga tidak bisa berjalan normal. Namun, skala serangan DDoS saat ini diketahui lebih besar sehingga mampu membuat kerugian amat besar.

Adapun sasaran serangan sendiri kebanyakan adalah sistem jaringan perusahaan besar hingga korporasi. Dengan menjatuhkan jaringan ini, korban kebanyakan diperas hacker untuk tujuan ekonomi.

Sementara itu, serangan paling berbahaya dalam 6 bulan belakangan ini dicatat oleh Syrian Electronic Army. Menguasai akun Twitter AP selama beberapa menit, SEA berhasil mengacak-acak pasar saham Wall Street hingga merugi triliunan rupiah.

[nvl]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s